Kendal Siap Ke Open Source

Sebuah kegiatan yang langka se-Indonesia bahkan se-dunia, kenapa demikian, sebab Kabupaten Kendal tengah mempersiapkan migrasi total ke Open Source dengan kegiatan yang luar biasa dan tidak umum dilakukan di daerah lain. Kagiatan tersebut adalah sebuah workshop dan pelatihan yang dikemas dalam sebuah pesantren Ramadhan dengan nama "Workshop Nasional Linux untuk Pendidikan : Pesantren Sabily 2009 bersama Bp. Onno W. Purbo dan Bp. Agus Mujahir (SISFOKOL)", yang dihadiri oleh 50 peserta praktisi IT se-kabupaten Kendal dan beberapa peserta tamu dari Rembang, Temanggung, Semarang, dan Brebes.

Kegiatan dumulai Hari Sabtu, 5 September 2009 Jam 07.30 dan berakhir Minggu, 6 September 2009 Jam 16.00. Serangkaian kegiatan berjalan lancar yaitu Pengenalan dan praktek penggunaan Ubuntu Sabily v.9.04 serta instalasinya dilanjutkan dengan Pembuatan turunannya, penggunaan Ubuntu Server terbaru, Schoolonffline dan obrolan malam menjelang sahur bareng Bp Onno. Paginya dilanjutkan dengan praktek schoolonffline oleh peserta dan disambung dengan materi SISFOKOL oleh Bp. Agus Mujahir.


Kegiatan tersebut jarang terjadi sebab dilaksanakan dalam suasana santai, bahkan lesehan di karpet, peserta saling berinteraksi seperti ke teman-teman sepermainan, bahkan tidur bareng di karpet juga. Yang lebih ngeri lagi Bp. Onno W. Purbo juga ikut bersama peserta tidur di Lantai yang hanya beralaskan karpet merah dan berbantalkan laptopnya masing-masing.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mempersiapkan Kabupaten Kendal yang akan migrasi ke Open Source secara total dari instansi pemerintahan dikapupaten sampai Rt/Rw di Kellurahan dan desanya. Dari dinas pendidikan, kesehatan, dan dinas lainnya. Luar biasa, karena baru di Kendal inilah deklarasi open source digaungkan.

Tulisan ini dibuat untuk menyukseskan Lomba Blog Open Source P2I-LIPI dan Seminar Open Source P2I-LIPI 2009

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top