Psikologi dan Arti Warna Pada Desain Blog

Hati-hati dalam pemilihan warna dan kombinasinya, jangan sampai salah pilih. karena pemilihan warna serta kombinasinya yang tepat dapat mempengaruhi kesuksesan bisnis. Seperti yang telah dibahas terdahulu mengenai pengaruh design terhadap kesuskesan blog. Seorang web designer harus dapat memilih warna yang pas agar website yang dibuat nya bisa mendatangkan banyak pengunjung, terutama untuk web ecommerse yang tentunya bertujuan agar mendapatkan banyak uang dari pengunjung yang datang. Oleh karena itu, pemilihan warna perlu ketelitian dan pengetahuan tentang arti dari masing-masing warna agar pesan dan kesan yang hendak anda sampaikan bisa terserap oleh pengunjung. Berikut adalah penjelasan pshycology dan arti dari 8 warna utama, agar nantinya kamu tidak keliliru dalam memilih warna yang digunakan pada design web atau blog mu, karena walaupun sepele, warna mempunyai pengaruh yang sangat besar, dimana warna bisa membuat pengunjung betah berlama-lama atau bahkan sebaliknya, buru-buru kabur dan kapok balik lagi…

Arti Warna Merah

Warna merah memiliki sifat untuk merangsang adrenaline dan tekanan darah. Sejalan dengan efek fisiologis, merah juga diketahui dapat meningkatkan metabolisme manusia. Warna merah adalah warna yang menarik, dramatis, warna yang kaya, dan merah juga merupakan warna semangat. Merah juga identik dengan warna yang penuh cinta dan kasih sayang. Namun, warna merah pun bisa mencerminkan amarah dan dendam.

Arti Warna Jingga (orange) - Lambang Enerjik

Jingga adalah warna yang sangat cerah dan membangkitkan semangat, fresh and natural. Seperti warna merah, jingga (orange) sangat aktif dan energik, namun tidak mencerminkan amarah seperti merah. Tetapi sebaliknya, jingga adalah sebuah simbol kebahagiaan yang mewakili sunshine, antusiasme, dan kreativitas. Jingga juga merangsang metabolisme dan nafsu makan, it’s a great color jika digunakan untuk mempromosikan makanan dan cooking. That’s why, mungkin gambar Jeruk dalam disamping bisa membuat kamu lapar, bahkan sekalipun kamu tidak suka buah jeruk. Bener ga boss..??

Arti Warna Kuning

Kuning yang sangat aktif dan terlihat mencolok…!! Dan mungkin itu sebab mengapa kuning digunakan untuk tanda hati-hati pada marka jalan. Kuning terkait dengan kebahagiaan dan energi. Seperti merah dan jingga, kuning adalah tampak seperti warna yang aktif. Pernahkah kamu memperhatikan warna minuman energi seperti Gatorade dan Extra Joss…? Kedua minuman tersebut berwarna kuning, dan masih menjadi the best-selling sampai sekarang. Hal ini kemungkinan disebabkan oleh sifat kuning untuk yang aktif dan energik yang terkait dengan warna jingga dan kuning.

Arti Warna Hijau

Hijau terkait erat dengan alam. Ini merupakan warna yang sangat menyejukkan dan melambangkan pertumbuhan, kesegaran, serta harapan. Hijau terasa lebih ringan pada mata, dan jauh lebih aktif dari kuning, oranye, atau merah. Meskipun banyak situs web yang menggunakan desain hijau untuk membawa sense of nature pada pengunjung, hijau adalah warna yang sangat fleksibel. Ketika hijau terang dipadu dengan latar belakang hitam, itu benar-benar kontras, dan memberikan desain yang terasa techy. Thats why aku lebih suka menggunakan perpaduan warna ini pada Terminal command line di ubuntu, karena terkesan canggih dan berasa jadi hacker hehe…

Arti Warna Biru

Biru melambangkan keterbukaan, intelijen, dan iman. Physiologically, biru ternyata dapat digunakan untuk menenangkan perasaan, tetapi juga dapat mengurangi nafsu makan. Efek ini mungkin karena ada keanehan jika biru digunakan untuk makanan. Selain blueberries, berapa banyak makanan berwarna biru alami yang dapat kamu hitung…? Biru tidak termasuk bagian dari warna alam -inducing pallete-, sehingga jarang dipilih untuk mempromosikan produk makanan. Biru kadang-kadang dianggap sebagai simbol nasib sial dan kesulitan. Emosionalnya tergambar nyata dalam musik blues dan di lukisan dari Picasso depression-induced Blue Periode. It’s not all about food color, yang terlihat tidak wajar dan tertindas bentuk seni, meski biru pun memiliki sifat universal. Visual ini berkaitan dengan air, langit biru dan udara membuat biru menjadi pilihan yang tepat untuk web atau blog yang berkaitan dengan penerbangan, AC, kolam renang filter, dan pelayaran. Apakah kamu pernah memperhatikan bahwa biru adalah warna utama dalam logo IBM, Dell, HP, dan Microsoft…? Mungkin itu alasan bahwa biru juga menyampaikan rasa stabilitas dan kejelasan dari tujuan. So, menurut mu apa arti dari warna biru yang ku pakai di blog ini…? Semua terserah persepsi kamu masing-masing, bebas ajah chuy…

Arti Warna Ungu

Secara historis, warna ungu telah terkait dengan royalti dan kuasa. Ungu merupakan kekayaan dan pemborosan. Ungu paling sering terhubung dengan bunga, gemstones, dan matahari terbenam. Jika kamu mencoba untuk membuat sebuah desain web atau blog yang out of the box, pikirlah menggunakan kekayaan warna ungu. According to CSS Zen Garden’s Design category index, ungu adalah warna yang sangat-sangat jarang digunakan warna.

Arti Warna Putih

Ketika orang berpikir “bersih”, mereka putih. Putih dianggap warna kesempurnaan, cahaya, dan kesucian. Ini sebabnya putih sering digunakan dalam iklan deterjen dan mengapa seorang perempuan memakai gaun putih pada hari pernikahan.

Arti Warna Hitam - Lambang kekuatan

Walaupun hitam sering memiliki konotasi negatif seperti kematian dan kejahatan, hitam juga dapat menjadi warna kekuatan dan keanggunan, tergantung bagaimana hitam itu digunakan. Warna hitam cocok dipadukan dengan semua jenis warna. Jika kamu ingin menggunakan warna tertentu dan dipadu dengan warna hitam, cukup tanyakan pada diri kamu sendiri, “Apakah tiga hal pertama yang datang ke pikiran ku mengenai warna ini..?” Ketika aku berpikir tentang hitam, misalnya, aku berpikir tentang Limbad dan Batman. Dan ketika aku berpikir tentang Limbad, maka yang terlintas dibenakku adalah pakaian gelap, tanpa suara, dan kekuatan yang nyata.
Meski psikologi warna tidak berperan dalam cara pengunjung melihat sebuah web atau blog yang kamu desain, harus diingat bahwa tidak ada salahnya menggunakan warna yang tepat. Sementara alasan psikologis dapat membantu kamu menentukan warna yang akan kamu gunakan, keberhasilan suatu skema warna tergantung pada harmoni yang ada di antara semua warna dipilih. Untuk mencapai keseimbangan ini, kita akan tetap perlu beberapa atribut warna lainnya.

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top