Identifikasi Font di Desain Grafis

Apakah anda desainer? Pasti suatu saat pernah kebingungan mengidentifikasi sebuah font. Seorang kustomer meminta skets desainnya tidak berubah model huruf/font. Mungkin anda mencoba lari dari pusingnya mengidentifikasi berdasar ribuan font yg anda miliki menggunakan semacam font viewer.

Solusinya adalah menyarankan kustomer mengganti model huruf dengan yang mirip saja. Atau, ini dia yang paling menjengkelkan; menggambar kembali font tersebut!!

Ada ribuan font, mungkin, yang anda koleksi, dan mungkin juga anda hanya hafal namanya beberapa saja.

Dua hal solutif di atas sering saya lakukan, hingga suatu saat ada ide mendatangi beka saya untuk mengetikan “font-identifier software” di google, dan hasilnya lumayan, saya menemukan ini: web untuk mengidentifikasi font: http://www.identifont.com/

Pada web tersebut disediakan input bagi kita untuk menentukan font yg kita cari berdasar penampilan, kemiripan, nama dan sebagainya. Metode cukup bertele-tele, mulai dari menentukan bentuk beberapa huruf font yg kita maksud, bentuk karakter tertentu dan sebagainya. Meski belum tentu ampuh terbukti, bagi desainer grafis web tersebut sangat membantu. Mungkin kelak ada software yang bisa mengidentifikasi sebuah font berdasar database font, optical caracter recognition, dan quick scan.. mudah-mudahan.

Tidak ada komentar:

Write a Comment


Top